Profil

Tentang Mahad Thaybah

Oleh: Al-Ustadz Muhammad Nur Yasin Hafizhahullah (Pengasuh Ma’had Thaybah Surabaya)

Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ النَّبِيِّ الأُمِّيّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلم

Amma’ ba’du.

Pesantren Mahasiswa Thaybah yang beralamat di Perumahan Keputih Permai No.1-3, Jl.Keputih Tegal Timur, Keputih – Sukolilo, KOTA SURABAYA, merupakan sebuah lembaga pendidikan yang memiliki visi – misi.

Visinya :

Mencetak generasi intelektual yang berakidah Ahlus Sunnah wal  Jama’ah dan berkarakter islami.

Seluruh santri yang ada di Pesantren Mahasiswa Thaybah ini merupakan para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Kota Surabaya.

Kehadiran Pesantren Mahasiswa Thaybah ini sangatlah dibutuhkan oleh mereka, guna mendalami ilmu-ilmu agama, yang tidak lain merupakan agamanya sendiri, sehingga sudah seharusnya mereka mendalaminya. Terlebih bagi mereka yang notabene belajar di perguruan tinggi umum.

Adapun misinya,

Pertama, menciptakan lingkungan yang islami.

Pesma Thaybah ini memiliki motto,

“وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ”

Saling berwasiat dalam perihal kebenaran, dan saling berwasiat dalam perihal kesabaran.

Seluruh santri mahasiswa di Pesantren Mahasiswa Thaybah ini harus siap dikondisikan dengan motto tersebut, sehingga mereka pun siap menasihati dan siap dinasihati.

Sudah seyogyanya mereka semua mengacu kepada ajaran-ajaran islam yang bersumber dari Al Qur’an dan Hadits Shahih (As-Sunnah), sebagaimana pemahaman islam para Sahabat Nabi -Radiyallahu ‘anhum-.

Di Pesantren Mahasiswa Thaybah ini lah mereka dikondisikan dengan miliu tersebut.

Kedua, membekali para santri dengan kemampuan berbahasa arab, hapalan Al-Qur’an, dan ilmu – ilmu syar’i.

Untuk tujuan ini, Pesantren Mahasiswa Thaybah berusaha mewujudkan hal tersebut dengan mengadakan kegiatan-kegiatan rutin, seperti Halaqah Bahasa Arab, Halaqah Hapalan Al-Qur’an, Halaqah Tafsir Qur’an, Halaqah Akidah, Halaqah Manhaj,  dan Halaqah Fiqih.

Ketiga, mencetak kader-kader yang berkontribusi di dalam dakwah islam.

Alhamdulillah, semenjak berdirinya yaitu tahun 2004 hingga sekarang ini, Pesantren Mahasiswa Thaybah telah meluluskan alumni-alumninya. Dan alhamdulillah mereka di berbagai tempat menjadi pionir dakwah, sehinga kegiatan-kegiatan dakwah di berbagai instansi dan lembaga apapun, mereka menjadi motor, mereka menjadi penggerak dakwah. Dan dengan cara ini, alhamdulillah dakwah sunnah, dakwah islam sesuai pemahaman islam para Sahabat Nabi -Radiyallahu ‘anhum- tersebar di berbagai tempat, biidznillah (atas izin Allah).

Selain mahasiswa yang berada di Komplek Masjid Thaybah ini, Komplek Masjid Thaybah  juga dimanfaatkan oleh kaum muslimin secara umum, dimana dalam waktu-waktu tertentu ada kegiatan-kegiatan pendalaman islam untuk mereka, seperti seminar-seminar, daurah-daurah kitab, kajian-tematik tematik dan lain-lain.

Kemudian, selain dimanfaatkan oleh para mahasiswa dan kaum muslimin secara umum, Komplek Masjid Thaybah  juga dimanfaatkan oleh anak-anak di dalam sebuah wadah pendidikan yang dinamakan Home Schooling Thaybah dan Taman Pendidikan Qur’an Thaybah.

Tempat ini bukan sekedar Masjid, melainkan juga lembaga pendidikan, yang insya Allah siapa saja yang berinfaq, maka akan mendapatkan pahala amal jariyyah yang  terus menerus mengalir meskipun orangnya sudah meninggal dunia. Insya Allah

وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الـمُرْسَلِينَا لْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Mahad Thaybah, sebuah pesantren khusus mahasiswa se-Surabaya. Sangat cocok bagi teman-teman yang memiliki visi  ‘Kuliah Sambil Ngaji‘.

Mahad Thaybah terdiri atas kurang lebih 20 kamar, masing-masing ditempati 3-4 orang. Tidak lain tujuannya adalah keakraban antarsantri. Terbukti, namanya santri Mahad Thaybah sangat terasa kedekatan dan persaudaraanya.

Kegiatan-kegiatan yang ada diurus oleh mahasiswa sendiri melalui sebuah organisasi, dan dibina oleh seorang ustadz hafizhahullah. Meski demikian, Mahad Thaybah dirancang agar mahasiswa tetap sanggup berkuliah dengan seprestatif mungkin. Jadi, tidak ada istilahnya Thaybah mengganggu kuliah.

Insya’Allah dalam Mahad Thaybah, tidak ada kegiatan kecuali semuanya bermanfaat. Mulai dari kajian ilmu, belajar bahasa Arab, sampai kepanitiaan hari besar. Mana yang sekiranya tidak manfaat?

Pada akhirnya, harapan terbesar pada santri Thaybah yaitu menjadi generasi dari kalangan intelektual yang punya banyak andil untuk umat Islam. Bukan hanya terpandang intelektualnya, namun juga terpandang syiar Islamnya. Inilah yang dijunjung tinggi oleh Mahad Thaybah yang menjadi visi ke depan.

VISI:

Mencetak Generasi Intelektual yang Beraqidah Ahlussunnah dan Berkarakter Islami

MISI:

  1. Menciptakan Lingkungan yang Islami
  2. Membekali Santri dengan Bahasa Arab, Hafalan Al-Qur’an, dan Ilmu Syar’i
  3. Membentuk Kader-Kader yang Berkontribusi dalam Dakwah Islam
Struktur organisasi thaybah

Struktur Kepengurusan Mahad Thaybah 1436-1437 H

Program pembelajaran Mahad Thaybah dibagi menjadi 2 kelas:

Program I’dad:

  1. Bahasa Arab Dasar (Baca Kitab)
  2. Pembekalan Hafalan Min. Juz 30
  3. Tahsin Al-Qur’an
  4. Pembekalan Dasar-Dasar Islam

Program Talaqqi:

  1. Belajar Ilmu Syar’I dengan Kitab Berbahasa Arab
  2. Pembekalan Hafalan Minimal 1 Juz Per Tahun

 
Kajian Ba’da Shubuh:

Program Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ahad
I’dad Mukhtarot Amtsilatut Tashrif Durusul Lughoh I Durusul Lughoh I Adab & Akhlaq Muhadharah & Hiwar Tahsin
Talaqqi Fiqih Manhaj Aqidah Tafsir Riyadhoh

Kajian Internal Malam:

  1. Pembekalan Dasar Ilmu Syar’i (I’dad)
  2. Halaqah Hafalan Hadits (Talaqqi)

Daurah Ilmu Lanjutan:

  1. Daurah Musthalah Hadits (Semester Ganjil)
  2. Daurah Ushul Fiqh (Semester Genap)
Program Bahasa Arab
100%
Talaqqi Ilmu Syar'i
95%
Kegiatan Dakwah
90%

Informasi

  • Connector.

    Alamat

    Keputih Permai Blok A1-3, Jl. Keputih Tegal Timur, Sukolilo, Surabaya 60111

  • Connector.

    Nomor HP

    +62-857-4569-7112

  • Connector.

    Email

    mahad.thaybah.sby@gmail.com

  • Connector.

    Yayasan Nidaul Fithrah

    www.nidaulfithrah.com

Cari Lokasi