Mau Kurban, Kudu Jenis Hewan Ini

 

Kurban termasuk syariat Allah yang diwajibkan bagi orang yang mampu, yaitu orang yang memiliki kelebihan harta. Ketika seseorang memiliki harta dan jatah makanan untuk keluarganya pada hari itu telah tercukupi dan sisa uang cukup membeli hewan kurban, maka saat itu ia diwajibkan berkurban. Allah berfirman:

 

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

 

“Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.” (QS. Al-Kautsar [108]: 2)

 

Lantas, binatang apa yang boleh dikurbankan? Syariat telah menjelaskan bahwa yang boleh dikurbankan HANYA bahimatul an’am (binatang ternak) yaitu unta, sapi, dan kambing berikut jenis-jenisnya. Selain dari itu maka kurbannya tidak sah.

 

Allah Ta’ala berfirman:

 

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap bahimatul an’am (binatang ternak) yang telah direzkikan Allah kepada mereka” (QS. Al Hajj: 34)

 

Dalam Al Majmu’ (8: 364-366), Imam Nawawi berkata, “Syarat sah dalam qurban, hewan qurban harus berasal dari hewan ternak yaitu unta, sapi dan kambing. Termasuk pula berbagai jenis unta, semua jenis sapi dan semua jenis kambing yaitu domba, ma’iz dan sejenisnya. Sedangkan selain hewan ternak seperti rusa dan keledai tidaklah sah sebagai hewan qurban, baik dari yang jantan maupun betina -tanpa ada perselisihan di kalangan ulama-.  Tidak ada khilaf sama sekali mengenai hal ini menurut kami. … Begitu pula turunan dari perkawinan antara rusa dan kambing tidaklah sah sebagai hewan qurban karena bukan termasuk an’am (hewan ternak).”

 

Kesimpulannya, binatang yang boleh dijadikan kurban hanya ada tiga macam yaitu unta, sapi, dan kambing, berikut jenis-jenis dari ketiga hewan tersebut. Adapun selain tiga macam ini maka kurban tidak sah. Kerbau dan domba boleh dikurbankan karena keduanya adalah jenis dari sapi dan kambing.

 

Allahu a’lam.[]

 


Penulis : Nor Kandir

Artikel Thaybah.id