Gaya Belajar Orang Awam

Mereka sibuk kerja. Kerja aja susah, apalagi kalau ditambah belajar, tambah tidak bisa makan. Begitu anggapan sebagian mereka. Akhirnya, jalan satu-satunya agar bisa beragama mereka ikut-ikutan. Saat mayoritas melakukan ritual A, mereka pun serempak ikut. Saat masyarakat tidak melakukan ritual A meskipun ada dalilnya, mereka pun ikut tidak melaksanakannya.

 

Sebenarnya mereka terbagi dua, yaitu orang awam yang berpaham Abu Lahab dan orang awam asli. Orang awam berpaham Abu Jahal, jika Anda sampaikan kepada mereka ayat Al-Qur’an atau hadits Nabi yang shohih maka mereka tidak mau mengikuti dan mengamalkannya, yang mereka amalkan adalah  hanya apa yang mereka warisi dari nenek moyang dan sesepuh mereka. Allah berfirman:

 

وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ اتَّبِعُوا مَا أَنْزَلَ اللَّهُ قَالُوا بَلْ نَتَّبِعُ مَا أَلْفَيْنَا عَلَيْهِ آبَاءَنَا أَوَلَوْ كَانَ آبَاؤُهُمْ لا يَعْقِلُونَ شَيْئًا وَلا يَهْتَدُونَ

 

“Dan apabila dikatakan kepada mereka: ‘Ikutilah apa yang telah diturunkan Allah,’ mereka menjawab: ‘(Tidak), tetapi kami hanya mengikuti apa yang telah kami dapati dari (perbuatan) nenek moyang kami.’ (Apakah mereka akan mengikuti juga), walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui suatu apa pun, dan tidak mendapat petunjuk?”
(QS. Al-Baqarah [2]: 70)

 

Hal ini disebabkan mereka beranggapan, cara beragama yang benar adalah apa yang umumnya dilaksanakan masyarakat, meskipun tidak ada dasar dalam agama, meskipun menyelisihi dalil. Tapi sayang, Allah tidak merestui cara beragama seperti ini.

 

Jenis awam kedua adalah mereka yang beragama bukan karena golongan, partai, atau seseorang, tetapi mereka beragama karena Allah, maka perintah apapun yang berasal dari Allah dan Rasul-Nya mereka percayai dan mereka amalkan, siapapun yang menyampaikannya. Merekalah orang-orang yang jujur dalam beragama. Persis seperti cara beragama para imam dan imam madzhab. Allahu a’lam.

 


Penulis : Nor Kandir

Artikel Thaybah.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *