Perhatian Kaum Salaf Terhadap Lahn (Kesalahan Ucap Bahasa Arab)

Abu Zur'ah Ath-Thaybi Nahwu-Sharaf 0 Comments

Jika kita melihat biografi para salaf terdahulu, ternyata lahn adalah masalah besar bagi mereka terutama sekali bagi ahli hadits. Seandainya ada ahli hadits yang mengalami lahn dalam periwayatannya, ini sudahlah cukup untuk menjadikan statusnya sebagai perawi hadits diragukan.

Al-Khatib al-Baghdadi (w. 465 H) berkata:

فَيَنْبَغِي لِلْمُحَدِّثِ أَنْ يَتَّقِيَ اللَّحْنَ فِي رِوَايَتِهِ وَلَنْ يَقْدِرَ عَلَى ذَلِكَ إِلَّا بَعْدَ دَرْسِهِ النَّحْوَ وَمُطَالَعَتِهِ عِلْمَ الْعَرَبِيَّةِ

“Selayaknya bagi ahli hadits takut terkena lahn dalam periwayatannya, dan ia tidak akan mampu terbebas darinya kecuali setelah mempelajari nahwu dan memperdalam ilmu bahasa Arab.”

Kesalahan lahn bukanlah kesalahan sederhana, bahkan terkadang kesalahannya sangat fatal sehingga bisa menimbulkan rusaknya pemahanan dan kesesatan. Oleh karena itu, kaum salaf saling mengingatkan bila saudaranya mengalami lahn.

Telah diriwayatkan bahwa Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib (w. 40 H) radhiyallahu ‘anhu membaca ayat:

وَنَادَوْا يَا مَالِ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَ

Kemudian hal ini diingkari oleh Ibnu Abbas. Ali radhiyallahu ‘anhu menyanggah, “Ini tarkhîm dalam panggilan.” Ibnu Abbas berkata, “Apakah mungkin penduduk neraka sibuk tarkhîm dalam panggilan di neraka?” Ali menjawab, “Kamu benar.”

Imam Ahmad bin Hanbal (w. 241 H) berkata:

لَيْسَ يَتَّقِي مَنْ لَا يَدْرِي مَا يَتَّقِي

“Tidaklah bertakwa seseorang yang tidak tahu apa yang perlu ditakuti.”[]

*Dinukil dari Ada Apa dengan Bahasa Arab? hal. 66-69 Penerbit Pustaka Syabab, cet ke-1 th. 2013 karya Abu Zur’ah Ath-Thaybi. Untuk takhrij dan referensi silahkan merujuk ke buku aslinya. Marketing Pustaka Syabab 085730219208.


Penulis : Abu Zur’ah Ath-Thaybi

Artikel Thaybah.id

Penulis buku “MUNGKINKAH AKU HAFAL SATU JUTA HADITS SEPERTI IMAM AHMAD BIN HANBAL??”, “ADA APA DENGAN BAHASA ARAB?”, “ARBAIN QUR’ANIYYAH”, dan “ARBA’IN MUTTAFAQUN ALAIH”, Penerjemah Kutaib PENGARUH IBADAH DALAM KEHIDUPAN karya Syaikh Abdul Muhsin al-Badr.

Pengelola situs http://terjemahmatan.blogspot.com

Rekomendasi Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*