mengkhayal rupa

Mengkhayal Rupa Setan

Abu Zur'ah Ath-Thaybi Aqidah, Artikel Ilmiah 0 Comments

Apa Itu Setan?

Menurut pendapat yang paling shahih bahwa setan bukanlah jenis makhluk tertentu, tetapi sifat jahat. Setiap yang jahat disebut setan. Setan ada 3 jenis, yaitu setan jin, setan manusia, dan setan binatang. Telah shahih dalam sebuah hadits bahwa anjing hitam adalah setan.

Bagaimana dengan setan manusia? Kita mengenal para kaum durjana seperti Fir’aun, Qarun, Haman, Abu Lahab, dan Abu Jahal. Maka mereka ini disebut setan. Termasuk kategori ini adalah para tukang sihir dan dukun. Semuanya adalah setan dari kalangan manusia yang mencoba menyesatkan manusia dari jalan Allah.

Bagaimana dengan setan jin? Sebagaimana di kalangan manusia ada kaum durjana dan tukang sihir, maka di kalangan jin juga demikian ada jin durjana dan jin tukang sihir. Merekalah setan yang suka menakut-nakuti manusia dan menebar was-was.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَكَذَلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِيٍّ عَدُوًّا شَيَاطِينَ الإنْسِ وَالْجِنِّ يُوحِي بَعْضُهُمْ إِلَى بَعْضٍ زُخْرُفَ الْقَوْلِ غُرُورًا وَلَوْ شَاءَ رَبُّكَ مَا فَعَلُوهُ فَذَرْهُمْ وَمَا يَفْتَرُونَ

Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap Nabi itu musuh, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jika Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan. (QS. Al-An’am [6]: 112)

Bagaimana Rupa Setan Itu?

Bagaimana dengan rupa asli setan? Bagaimana rupa iblis? Allah mengabarkan rupa mereka begitu jelek dan buruk. Adapun hakikatnya tidak ada yang mengetahuinya. Allah berfirman tentang pohon zaqqum yang merupakan makanan penduduk Neraka:

إِنَّهَا شَجَرَةٌ تَخْرُجُ فِي أَصْلِ الْجَحِيمِ * طَلْعُهَا كَأَنَّهُ رُءُوسُ الشَّيَاطِينِ

Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang ke luar dari dasar Neraka Jahim. Mayangnya (buahnya) seperti kepala setan-setan. (QS. Ash-Shaffat [37]: 64-65)

Pohon zaqqum adalah sebuah pohon yang amat buruk baik bentuknya maupun aromanya dan rasanya. Apalagi buahnya. Dan Allah mengumpamakan buahnya seperti kepala-kepala setan.

Orang-orang Kristen menggambarkan setan dengan makhluk berwarna hitam atau merah bertaring, bertelinga nguncup, bertanduk, dan berekor. Ini hayalan mereka yang diyakini turun-menurun hingga hari ini. Ini hanyalah khayalan mereka yang tidak berdasar. Hakikat buruknya rupa setan atau iblis tidak diketahui oleh manusia, sebagaimana mereka tidak mengetahui hakikat rupa malaikat, kecuali Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam yang pernah melihat Jibril ‘Alaihissalam dengan rupa asli. Allahu a’lam[]

Artikel http://thaybah.id

Penulis buku “MUNGKINKAH AKU HAFAL SATU JUTA HADITS SEPERTI IMAM AHMAD BIN HANBAL??”, “ADA APA DENGAN BAHASA ARAB?”, “ARBAIN QUR’ANIYYAH”, dan “ARBA’IN MUTTAFAQUN ALAIH”, Penerjemah Kutaib PENGARUH IBADAH DALAM KEHIDUPAN karya Syaikh Abdul Muhsin al-Badr.

Pengelola situs http://terjemahmatan.blogspot.com

Rekomendasi Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*