dikala menguap

Dikala Menguap dan Cara Menyikapinya

Abu Zur'ah Ath-Thaybi Adab 0 Comments

Menguap adalah mengeluarkan udara kotor dari mulut, ini berbeda dengan bersin dari hidung. Dalam Islam, dianjurkan saat ingin menguap untuk ditahan sehingga bisa redam, jika tidak mampu maka ditutup dengan tangan atau kain agar tidak keluar bebas udaranya. Karena menguap dari setan dan dia tertawa saat penguap membunyikan suara. Membuat setan tertawa adalah dosa, untuk itu menguap sambil bersuara juga berdosa.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

«التَّثَاؤُبُ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ، فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا قَالَ: هَا، ضَحِكَ الشَّيْطَانُ»

“Menguap itu dari setan, maka jika seorang dari kalian menguap harus menahan sekuatnya, karena jika seorang dari kalian membunyikan ‘ha’ maka setan tertawa.” (HR. Al-Bukhari no. 3289 dan Muslim no. 2994)

Penulis buku “MUNGKINKAH AKU HAFAL SATU JUTA HADITS SEPERTI IMAM AHMAD BIN HANBAL??”, “ADA APA DENGAN BAHASA ARAB?”, “ARBAIN QUR’ANIYYAH”, dan “ARBA’IN MUTTAFAQUN ALAIH”, Penerjemah Kutaib PENGARUH IBADAH DALAM KEHIDUPAN karya Syaikh Abdul Muhsin al-Badr.

Pengelola situs http://terjemahmatan.blogspot.com

Rekomendasi Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*