mengganti nama

Bolehkan Mengganti Nama Jelek Dengan yang Lebih Baik?

Abu Zur'ah Ath-Thaybi Fiqih 0 Comments

Kadang seseorang diberi nama orang tuanya dengan nama yang jelek (nama orang kafir atau yang artinya jelek). Ketika dia beranjak dewasa ia pun tahu kejelekan namanya sehingga dia ingin merubah namanya. Sayangnya, nama aslinya sudah terdaftar di AKTA KELAHIRAN dan IJASAH. Bagaimana solusinya?

Yang benar namanya diganti, misalkan seseorang bernama Johrs Bush, Alex, Syaitan, Gendeng. Ironis, ada orang tua yang menamakan anaknya Harley Davidson. Untuk para pemegang kekuasaan/pemerintahan untuk memudahkan urusan ini karena siapa yang memudahkan urusan umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam maka Allah akan memudahkan urusannya dan siapa yang mempersulit urusan umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam maka Allah akan mempersulitnya.

Terdapat atsar shahih bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam merubah orang bernama ‘Ashram (terpotong) dengan Zur’ah (tumbuh). Huzn (sedih) dengan Sahl (Mudah). Syaikh Bin Baz rahimahullah juga mengganti nama Mathrud (Tertolak) dengan Maqbul (Diterima).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata:

أَنَّ زَيْنَبَ كَانَ اسْمُهَا بَرَّةَ، فَقِيلَ: تُزَكِّي نَفْسَهَا، فَسَمَّاهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَيْنَبَ

“Dahulunya Zainab itu bernama Barrah (banyak kebaikan) seolah-olah dirinya suci, lalu oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diganti nama Zainab.” (HR. Al-Bukhari no. 6192 dan Muslim no. 2141)

Untuk nama yang mengandung “tazkiyah (suci)” saja yang dikhawatirkan membuatnya sombong diganti oleh Nabi, maka merubah nama jelek lebih ditekankan lagi. Ini juga menunjukkan bahwa nama bisa menimbulkan pengaruh psikolog jiwa pemiliknya. Bahkan Imam Muslim menilainya sunnah. Beliau membuat sebuah bab Sunnah Mengganti Nama yang Jelek Dengan Nama yang Baik. Allahu a’lam[]

Penulis buku “MUNGKINKAH AKU HAFAL SATU JUTA HADITS SEPERTI IMAM AHMAD BIN HANBAL??”, “ADA APA DENGAN BAHASA ARAB?”, “ARBAIN QUR’ANIYYAH”, dan “ARBA’IN MUTTAFAQUN ALAIH”, Penerjemah Kutaib PENGARUH IBADAH DALAM KEHIDUPAN karya Syaikh Abdul Muhsin al-Badr.

Pengelola situs http://terjemahmatan.blogspot.com

Rekomendasi Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*