Hadits Paling Ditakuti Para Syaikh dan Ustadz

Abu Zur'ah Ath-Thaybi Penyejuk Hati 0 Comments

Diriwayatkan dari Usamah radhiyallahu ‘anhuma ketika ditanya: andai saja Anda tidak pergi kepada Fulan (‘Utsman bin ‘Affan) untuk menasehatinya. Jawabnya: kalian mengira aku tidak bicara kepadanya kecuali mendengarnya langsung. Sungguh aku telah menasehatinya secara rahasia, jangan sampai aku yang membuka pintu yang aku tidak ingin menjadi pertama yang membukanya, dan aku tidak berkata kepada orang lain bahwa pimpinanku adalah manusia terbaik, setelah aku mendengar Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda. Mereka bertanya: apa yang Anda dengar dari Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam? Jawab Usamah: aku telah mendengar beliau bersabda:

«يُجَاءُ بِالرَّجُلِ يَوْمَ القِيَامَةِ فَيُلْقَى فِي النَّارِ، فَتَنْدَلِقُ أَقْتَابُهُ فِي النَّارِ، فَيَدُورُ كَمَا يَدُورُ الحِمَارُ بِرَحَاهُ، فَيَجْتَمِعُ أَهْلُ النَّارِ عَلَيْهِ فَيَقُولُونَ: أَيْ فُلاَنُ مَا شَأْنُكَ؟ أَلَيْسَ كُنْتَ تَأْمُرُنَا بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَانَا عَنِ المُنْكَرِ؟ قَالَ: كُنْتُ آمُرُكُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَلاَ آتِيهِ، وَأَنْهَاكُمْ عَنِ المُنْكَرِ وَآتِيهِ»

“Akan didatangkan seseorang pada hari Kiamat kemudian dilempar ke dalam neraka, lalu usus perutnya keluar di dalam neraka, lalu ia berputar-putar bagaikan keledai yang berputar di penggilingan. Berkumpullah penghuni neraka padanya dan berkata, ‘Hai Fulan, ada apa dengan Anda? Bukankah Anda dahulu menganjurkan kami untuk berbuat baik dan mencegah dari munkar?’ Jawabnya, ‘Benar aku menganjurkan kalian kebaikan tetapi aku tidak mengerjakannya, dan melarang kalian dari kemungkaran tetapi aku melakukannya.’” (HR. Al-Bukhari no. 3267 dan Muslim no. 2989)

Penulis buku “MUNGKINKAH AKU HAFAL SATU JUTA HADITS SEPERTI IMAM AHMAD BIN HANBAL??”, “ADA APA DENGAN BAHASA ARAB?”, “ARBAIN QUR’ANIYYAH”, dan “ARBA’IN MUTTAFAQUN ALAIH”, Penerjemah Kutaib PENGARUH IBADAH DALAM KEHIDUPAN karya Syaikh Abdul Muhsin al-Badr.

Pengelola situs http://terjemahmatan.blogspot.com

Rekomendasi Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*