diampuni dosa

Cara Agar Diampuni Dosa-Dosa dengan Mudah Lewat Shalat

Abu Zur'ah Ath-Thaybi Fiqih 0 Comments

Membaca “Rabbana Lakal Hamd”

Yaitu seseorang shalat berjamaah di masjid lalu membaca RABBANA LAKAL HAMD setelah imam mengucapkan SAMI’ALLAHU LIMAN HAMIDAH.

Diriwayatkan Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِذَا قَالَ الإِمَامُ: سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ، فَقُولُوا: اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الحَمْدُ، فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ المَلاَئِكَةِ، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Jika imam membaca (سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ), maka bacalah (اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الحَمْدُ), karena siapa yang bacaannya itu bertepatan dengan bacaan Malaikat maka dosa-dosanya yang lalu diampuni.” (HR. Al-Bukhari no. 796 dan Muslim no. 409)

Sebenarnya versi bacaan shahih ada 4. Jika dikumpulkan sebagai berikut:

  1. RABBANA LAKAL HAMD
  2. RABBANA WA LAKAL HAMD
  3. ALLAHUMMA RABBANA LAKAL HAMD
  4. ALLAHUMMA RABBANA WA LAKAL HAMD
Mengucapkan “Amin”

Cara kedua memetik pahala dalam shalat adalah serempak mengucapkan AMIN. Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِذَا قَالَ أَحَدُكُمْ: آمِينَ، وَقَالَتِ المَلاَئِكَةُ فِي السَّمَاءِ: آمِينَ، فَوَافَقَتْ إِحْدَاهُمَا الأُخْرَى غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Jika seorang dari kalian membaca amin dan Malaikat di langit membaca amin sehingga bertepatan yang satu pada yang lain, maka dosa-dosanya yang lalu diampuni.” (HR. Al-Bukhari no. 781 dan Muslim no. 410)

Juga diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu berkata: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِذَا قَالَ الإِمَامُ: {غَيْرِ المَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ} [الفاتحة: 7] فَقُولُوا: آمِينَ، فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ المَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Jika imam telah membaca (غَيْرِ المَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ), maka bacalah Amin, karena siapa yang bertepatan bacaannya dengan bacaan Malaikat, maka dosa-dosanya yang lalu diampuni.” (HR. Al-Bukhari no. 782 dan Muslim no. 410)

Apakah Seluruh Dosa Akan Diampuni?

Yang dimaksud dosa-dosa di sini adalah dosa-dosa kecil. Selain dosa besar adalah dosa kecil. Dosa besar adalah dosa-dosa yang disebutkan ancamannya di Akhirat dengan siksa atau laknat, dan dosa-dosa yang ada hukuman hadnya di dunia. Imam adz-Dzahabi banyak dosa-dosa besar dalam kitabnya Al-Kabair. 7 dosa besar yang paling membahayakan adalah syirik, durhaka kepada orang, sihir, membunuh, makan riba, makan harta anak yatim, lari dari peperangan, dan menuduh wanita terhormat berzina.

Adapun dosa besar tidak bisa diampuni kecuali dengan tobat dan istighfar. Allahu a’lam.[]

Penulis buku “MUNGKINKAH AKU HAFAL SATU JUTA HADITS SEPERTI IMAM AHMAD BIN HANBAL??”, “ADA APA DENGAN BAHASA ARAB?”, “ARBAIN QUR’ANIYYAH”, dan “ARBA’IN MUTTAFAQUN ALAIH”, Penerjemah Kutaib PENGARUH IBADAH DALAM KEHIDUPAN karya Syaikh Abdul Muhsin al-Badr.

Pengelola situs http://terjemahmatan.blogspot.com

Rekomendasi Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*