ayat sukar

Ayat dan Hadits yang Sukar Dihafal

Abu Zur'ah Ath-Thaybi Nahwu-Sharaf 0 Comments

Anda tidak percaya??? Silahkan buktikan sendiri.

[1] QS. Yusuf [12]: 31

(( فَلَمَّا سَمِعَتْ بِمَكْرِهِنَّ أَرْسَلَتْ إِلَيْهِنَّ وَأَعْتَدَتْ لَهُنَّ مُتَّكَأً وَآتَتْ كُلَّ وَاحِدَةٍ مِنْهُنَّ سِكِّينًا وَقَالَتِ اخْرُجْ عَلَيْهِنَّ فَلَمَّا رَأَيْنَهُ أَكْبَرْنَهُ وَقَطَّعْنَ أَيْدِيَهُنَّ وَقُلْنَ حَاشَ لِلَّهِ مَا هَذَا بَشَرًا إِنْ هَذَا إِلَّا مَلَكٌ كَرِيمٌ ))

“Tatkala dia mendengar makar mereka (wanita-wanita negeri Mesir), ia mengundang mereka dan menyiapkan bagi mereka dipan untuk bersandar dan menyiapkan untuk masing-masing dari mereka sebilah pisau. Dia berkata, ‘Keluarlah engkau kepada mereka!’ Ketika mereka melihatnya (Yusuf), mereka takjub dan memotong-motong (melukai) tangan mereka dan mereka berkata, ‘Maha sempurna Allah! Orang ini bukanlah manusia tetapi malaikat yang mulia.’”

[2] Hadits Abdullah bin Umar tentang Kucing

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

«عُذِّبَتِ امْرَأَةٌ فِى هِرَّةٍ سَجَنَتْهَا حَتَّى مَاتَتْ فَدَخَلَتْ فِيْهَا النَّارَ، لاَ هِيَ أَطْعَمَتْهَا وَلاَ سَقَتْهَا إِذْ حَبَسَتْهَا، وَلاَ هِيَ تَرَكَتْهَا تَأْكُلُ مِنْ خَشَاشِ الأَرْضِ»

“Seorang wanita disiksa karena seekor kucing yang dikurungnya hingga mati, lalu dia pun masuk neraka. Dia tidak memberi makan dan minum saat mengurungnya, tidak pula membiarkannya lepas untuk makan makanan di bumi.” [Muttafaqun ‘Alaihi: Shahih al-Bukhari (no. 3482) dan Shahih Muslim (no. 2242)]

Jika kita perhatikan kedua nash di atas, kita akan mendapati bahwa dhamir (kata ganti) yang digunakan adalah muannats (perempuan). Fiqih yang bisa diambil adalah jangan coba-coba mendekati perempuan jika tidak sanggup menemui ayahnya, sebab hal itu akan mewarisi kesempitan dan kesusahan hidup. Allahu a’lam.

Note:

[1] Ini hanyalah pendapat yang bisa benar dan layak salah.

[2] Kesukarannya bertambah jika tidak pandai bahasa Arab.

[3] Meskipun ada nash yang redaksinya susah dihafal, tetapi pada dasarnya mudah bagi yang Allah mudahkan sebagaimana firman-Nya, “Sungguh telah Aku mudahkan al-Qur`an untuk dihafal, maka adakah yang mau menghafal?” [QS. Al-Qamar [54]: 17, 22, 32, dan 40]

[4] Mohon maaf atas khilaf dan sekian.

Penulis buku “MUNGKINKAH AKU HAFAL SATU JUTA HADITS SEPERTI IMAM AHMAD BIN HANBAL??”, “ADA APA DENGAN BAHASA ARAB?”, “ARBAIN QUR’ANIYYAH”, dan “ARBA’IN MUTTAFAQUN ALAIH”, Penerjemah Kutaib PENGARUH IBADAH DALAM KEHIDUPAN karya Syaikh Abdul Muhsin al-Badr.

Pengelola situs http://terjemahmatan.blogspot.com

Rekomendasi Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*