asyura Puasa yang Diwajibkan sebelum Ramadhan

Asyura` Puasa yang Diwajibkan Sebelum Ramadhan

Abu Zur'ah Ath-Thaybi Fiqih 0 Comments

 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّباً مُبَارَكًا فِيْهِ كَمَا يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرْضَاهُ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آَلِهِ وَ أَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ:

Asyura` artinya sepuluh. Puasa Asyura` maksudnya puasa yang dilakukan pada tanggal 10 bulan Muharram. Orang-orang Yahudi biasa melakukan puasa ini tiap tahun dan mereka pun menjadikannya sebagai hari raya mereka. Tradisi ini diikuti oleh orang-orang Quraiys, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa Asyura` dan memerintahkan pada shahabat untuk berpuasa Asyura`.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَدِمَ النَّبِىُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ، فَرَأَى الْيَهُودَ تَصُومُ يَوْمَ عَاشُورَاءَ، فَقَالَ: «مَا هَذَا؟» قَالُوا: هَذَا يَوْمٌ صَالِحٌ، هَذَا يَوْمٌ نَجَّى اللَّهُ بَنِى إِسْرَائِيلَ مِنْ عَدُوِّهِمْ، فَصَامَهُ مُوسَى. قَالَ: «فَأَنَا أَحَقُّ بِمُوسَى مِنْكُمْ» فَصَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Madinah, lalu beliau melihat orang-orang Yahudi berpuasa di hari Asyura`, lalu beliau besabda, ‘Hari apa ini?’ Mereka menjawab, ‘Ini hari baik, hari di mana Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuh mereka lalu Musa berpuasa pada hari itu.’ Beliau bersabda, ‘Aku lebih berhak terhadap Musa daripada kalian.’ Maka, beliau pun berpuasa dan memerintahkan (manusia) untuk berpuasa.” [Muttafaqun ‘Alaihi: Shahih al-Bukhari (no. 2004) dan Shahih Muslim (no. 1130)]

Setelah itu puasa Asyura` diwajibkan. Bahkan, pada permulaannya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan semua para shahabatnya untuk berpusa Asyura` meskipun sebagian mereka ada yang sudah makan.

عَنِ الرُّبَيِّعِ بِنْتِ مُعَوِّذٍ قَالَتْ: أَرْسَلَ النَّبِىُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ غَدَاةَ عَاشُورَاءَ إِلَى قُرَى الأَنْصَارِ «مَنْ أَصْبَحَ مُفْطِرًا فَلْيُتِمَّ بَقِيَّةَ يَوْمِهِ، وَمَنْ أَصْبَحَ صَائِمًا فَلْيَصُمْ» قَالَتْ: فَكُنَّا نَصُومُهُ بَعْدُ وَنُصَوِّمُ صِبْيَانَنَا، وَنَجْعَلُ لَهُمُ اللُّعْبَةَ مِنَ الْعِهْنِ، فَإِذَا بَكَى أَحَدُهُمْ عَلَى الطَّعَامِ أَعْطَيْنَاهُ ذَاكَ، حَتَّى يَكُونَ عِنْدَ الإِفْطَارِ.

Dari Rubayyi’ binti Mu’awwidz berkata, “Rasulullah mengutus (seseorang) di pagi hari Asyura` kepada penduduk Anshar (untuk menyeru), ‘Barangsiapa yang memasuki pagi dalam keadaan berbuka (telah makan) maka hendaklah dia menyempurnakan sisa harinya (dengan puasa), dan barangsiapa yang memasuki pagi dalam keadaan berpuasa, maka hendaklah dia lanjutkan puasanya.’ Usai itu, kami berpuasa dan memerintahkan anak-anak kami untuk ikut berpuasa. Kami membuatkan untuk mereka mainan dari tanah liat. Apabila salah seorang dari mereka menangis ingin makan, kami berikan mainan itu kepada mereka hingga datang waktu berbuka.” [Muttafaqun ‘Alaihi: Shahih al-Bukhari (no. 1960) dan Shahih Muslim (no. 1136)]

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat bersungguh-sungguh untuk melaksanakan puasa ini.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: مَا رَأَيْتُ النَّبِىَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صِيَامَ يَوْمٍ فَضَّلَهُ عَلَى غَيْرِهِ إِلاَّ هَذَا الْيَوْمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَهَذَا الشَّهْرَ يَعْنِى شَهْرَ رَمَضَانَ.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Aku tidak melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersungguh-sungguh untuk berpuasa pada suatu hari yang lebih beliau utamakan dari hari lainnya selain hari ini hari Asyura` dan bulan ini bulan Ramadhan.” [Muttafaqun ‘Alaihi: Shahih al-Bukhari (no. 2006) dan Shahih Muslim (no. 1132)]

Setelah diwajibkan puasa Ramadhan, puasa Asyura` tidak lagi diwajibkan tetapi siapa yang mau boleh berpuasa. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

«هَذَا يَوْمُ عَاشُورَاءَ، وَلَمْ يُكْتَبْ عَلَيْكُمْ صِيَامُهُ، وَأَنَا صَائِمٌ، فَمَنْ شَاءَ فَلْيَصُمْ وَمَنْ شَاءَ فَلْيُفْطِرْ»

“Sekarang ini hari Asyura` dan tidak diwajibkan puasa bagi kalian. Sementara aku sendiri berpuasa. Barangsiapa yang berpuasa silahkan, dan barangsiapa yang tidak berpuasa silahkan.” [Muttafaqun ‘Alaihi: Shahih al-Bukhari (no. 2003) dan Shahih Muslim (no. 1129) dari Muawiyah bin Abi Sufyan radhiyallahu ‘anhuma]

عَنْ عَائِشَةَ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهَا: أَنَّ قُرَيْشًا كَانَتْ تَصُومُ يَوْمَ عَاشُورَاءَ فِى الْجَاهِلِيَّةِ، ثُمَّ أَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِصِيَامِهِ حَتَّى فُرِضَ رَمَضَانُ، وَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ شَاءَ فَلْيَصُمْهُ، وَمَنْ شَاءَ أَفْطَرَ»

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata, “Dahulu orang-orang Quraiys berpuasa di hari Asyura` di masa Jahiliyyah, kemudian Rasulullah memerintahkan untuk berpusa di hari itu hingga diwajibkannya Ramadhan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa yang berpuasa maka silahkan dan barangsiapa yang tidak berpuasa maka silahkan.’” [Muttafaqun ‘Alaihi: Shahih al-Bukhari (no. 1893) dan Shahih Muslim (no. 1125)]

Sangat dianjurkan bagi yang berpusa Asyura` untuk menambah puasa di tanggal 9 Muharram agar berbeda dengan orang-orang Yahudi.

عَنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَقُولُ: حِينَ صَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى! فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ» قَالَ: فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa hari Asyura` dan memerintahkan (para shahabat) untuk berpuasa juga, mereka berkata, ‘Wahai Rasulullah! Dia adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.’ Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Apabila masih menjumpai tahun depan insya Allah, kita juga akan berpuasa pada hari yang kesembilan.’ Belum datang tahun depan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah wafat.” [Shahih: Shahih Muslim (no. 1134)]

Keutamaan puasa Asyura` adalah menghapus dosa-dosa setahun yang telah lalu. Demikian agung keutamaan puasa Asyura` padahal ia puasa sunnah, maka puasa Ramadhan lebih agung dan lebih banyak keutamaanya karena ia puasa wajib. Allahu a’lam.[]

وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Masjid Thaybah, 21 Sya’ban 1433 H/2 Juli 2012

Al-Faqir ila afwi rabbih

Abu Zur’ah ath-Thaybi

Penulis buku “MUNGKINKAH AKU HAFAL SATU JUTA HADITS SEPERTI IMAM AHMAD BIN HANBAL??”, “ADA APA DENGAN BAHASA ARAB?”, “ARBAIN QUR’ANIYYAH”, dan “ARBA’IN MUTTAFAQUN ALAIH”, Penerjemah Kutaib PENGARUH IBADAH DALAM KEHIDUPAN karya Syaikh Abdul Muhsin al-Badr.

Pengelola situs http://terjemahmatan.blogspot.com

Rekomendasi Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*