Makrab (Malam Keakraban) Santri Thaybah

Admin Kegiatan Thaybah 0 Comments

Makrab santri Thaybah pada 15 Dzulqo’dah 1436 H, diadakan sebagai ‘kumpul-kumpul’ dengan teman santri yang baru. Ada delapan santri baru yang berkenalan satu per satu kepada para santri lama. Makrab ini disambut oleh pengasuh Mahad Thaybah, Al-Ustadz Yasin, sembari memberikan materi ‘ke-Thaybah-an’, sebut beliau.

Materi yang disampaikan Ustadz Yasin antara lain: awal mula Mahad Thaybah, makna logo, visi misi, hingga ke peraturan-peraturan santri. Yang menarik, dua motto yang senantiasa disampaikan oleh Ustadz “Santri Thaybah siap menasihati dan siap dinasihati” dan ” المسلمون على شروطهم (Orang muslim itu di atas perjanjiannya/mematuhi aturan)”. Ini sebenarnya inti dari materi Ustadz, perihal perilaku dan adab di Mahad Thaybah.

Setelah itu, Makrab dilanjutkan dengan perkenalan satu per satu santri Thaybah. Dimulai dari Lurah Thaybah, lalu dilanjutkan sebelahnya. Seringkali perkenalan diwarnai oleh santri-santri yang jago guyon. Entah sengaja guyon, entah tidak. Terakhir, diadakan kuis tebak nama. Meskipun sebelumnya telah berkenalan, namanya manusia pasti ada lupanya. Begitu juga para santri, ada saja yang masih lupa namanya. Biasanya para santri baru (wajarlah kalau demikian). ‘Hukumannya’, yang melupakan dan dilupakan wajib berdiri lalu bersalaman dan berkenalan (lagi). Kadang, awkward rasanya…

 

Yang paling terakhir, Makrab ditutup dengan acara makan-makan khas Thaybah. Khas, dengan nampan dan masakan yang luar biasa nikmat, apalagi makannya bareng-bareng. Masya’Allah, semoga malam ini dan berikutnya adalah malam yang Allah berkahi.

Rekomendasi Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*