diam

Hati-hati Sekedar Pandai Bicara!

Abu Zakariya Sutrisno, ST., M.Sc. Adab 0 Comments

Dengan adanya internet dan sarana komunikasi lainnya mudah sekali seseorang menyebarkan ucapan dan pemikirannya. Banyak sekali orang-orang yang ‘kelihatan pintar’ padahal tidak memiliki ilmu sama sekali.

Berhati-hatilah! Jangan sampai kita tertipu dengan orang-orang yang hanya pandai bicara. Bisa jadi dia mengajak pada penyimpangan atau kesesatan. Atau setidaknya dia menyampaikan sesuatu yang tidak dilandasi ilmu kemudian hal itu membekas di hati atau mempengaruhi pikiran kita.

Rasulullah bersabda,

يأتي في آخِرِ الزمانِ قومٌ ، حُدَثاءُ الأسنانِ ، سُفَهاءُ الأحلامِ ، يقولونَ مِن خيرِ قولِ البريةِ ، يمرُقونَ منَ الإسلامِ كما يمرُقُ السهمُ منَ الرميةِ ، لا يُجاوِزُ إيمانُهم حناجرَهم

“Akan datang di akhir zaman suatu kaum yang muda usianya dan bodoh akalnya berbicara dengan sebaik-baik ucapan manusia. Mereka keluar dari agama sebagaimana anak panah melesat dari busurnya. Iman mereka tidak melewati kerongkongan mereka …” [HR Bukhari]

Alumni Pesma Thaybah, serta lulus T Elektro ITS tahun 2010. Lulus S2 T Elektro di King Saud University, Saudi Arabia tahun 2013, sekarang sedang menempuh pendidikan S3 di tempat yang sama.
Aktivitas keilmuan sekarang mulazamah masyaikh di Riyadh serta mengajar di Maktab Dakwah Naseem, Riyadh.
Lebih dekat dapat dilihat di website beliau ukhuwahislamiah.com dan sutrisnolink.wordpress.com.

Rekomendasi Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*