kaum tsamud

Ayat-Ayat tentang Umat yang Sudah Lewat

Brilly El-Rasheed Sejarah 0 Comments

Oleh Brilly Y. Will.

Allah mencela Yahudi yang MENGGANTI PERINTAH-Nya dengan MENGERJAKAN sesuatu yang TIDAK DIPERINTAHKAN-Nya [QS 2:59, 7:162] Sebagaimana Allah mencela kaum nashara yang MENGADA-ADAKAN suatu peribadatan yang BUKAN berasal dariNya [QS 42:21]. Apakah mereka memiliki SESEMBAHAN selain Allah, untuk mensyari’atkan sesuatu yang tidak Allah syari’atkan?! [QS. 42:21]

Jika kita temui ayat-ayat sejenis dalam Al-Qur`an yang isinya celaan terhadap perilaku umat-umat terdahulu, jangan pernah berpikir bahwa ayat-ayat tersebut hanya untuk mereka!

Pemahaman yang lebih nyaman adalah ayat-ayat semacam itu memang benar untuk mencela mereka namun kita tertuntut untuk memastikan diri bukan termasuk mereka dengan cara menjaga perilaku kita agar sama sekali tidak sama dengan perilaku mereka yang telah nyata-nyata dicela Allah.

Pemahaman semacam ini perlu ditegaskan melihat sebagian orang mengelak ketika dinasehati mengenai perilakunya yang mirip dengan perilaku orang-orang yang dicela Allah dalam Al-Qur`an, lalu membantah, “Anda ini kurang ajar ya! Masak saya disamakan dengan Yahudi dan Nashrani? Anda belajar tafsir dulu dong! Ayat-ayat yang mencela Yahudi dan Nashrani itu ya untuk Yahudi dan Nashrani. Jangan sekali-kali Anda mentahrif ayat tersebut untuk mencela umat Islam yang berperilaku mirip Yahudi dan Nashrani!”

Yas-salaam, Allah Kariim. Alur berpikir dari mana itu? Apakah kita lupa betapa takutnya Rasulullah akan ada diantara umat beliau yang mengikuti sunnah-sunnah umat-umat terdahulu? Ini artinya kita tidak diizinkan mengadopsi ataupun memodifikasi perilaku-perilaku umat-umat selain kita yang jelas-jelas dicela Allah dan RasulNya.

(1) Pimred majalah TAUHIDULLAH; (2) Pimred majalah dan buletin AS-SHOLIHIN, (3) redaktur pelaksana majalah AL-AKHBAR, (4) editor dan layouter majalah AL IHSAN, (5) reporter majalah MEDIAN LPMP Jawa Timur, (6) kontributor lepas majalah AR-RISALAH, (7) kontributor tetap majalah LENTERA QOLBU, (8) kontributor lepas di majalah ELFATA, (9) editor in chief majalah digital QUANTUM FIQIH, (10) konseptor dan mantan redaktur pelaksana majalah FITHRAH, (11) mantan layouter sekaligus pimred buletin Jum’at THAYBAH, (12) redaktur penerbit PT. EFMS, (13) admin salah satu situs berita Islam Nasional dengan 20.000 visit/hari), (14) online marketing UD. SBY CORPORATION, (15) pengasuh situs THAYBAH.ID, (16) promotor penerbitan majalah donatur, (17) redaktur pelaksana majalah SUARA MASKUMAMBANG, (18) redaktur pelaksana majalah SEJAHTERA dan buletin jumat YATIM SEJAHTERA, dan (19) mengasuh 2 website dan belasan blog keislaman yang ‘hidup segan mati tak mau’ sebagai salah satu cara merehatkan diri, serta (20) penulis buku GOLDEN MANNERS, KUTUNGGU DI TELAGA AL-KAUTSAR, MENDEKAT KEPADA ALLAH, QUANTUM IMAN, yang bisa Anda dapatkan di Gramedia atau toko buku lainnya.

Rekomendasi Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*