berharap

Benarkah Allah Benci Hamba yang Berharap Balasan?

Brilly El-Rasheed Aqidah 0 Comments

Dalam Al-Qur`an, Allah banyak menyebut balasan-balasan kenikmatan bagi hamba-hamba-Nya yang taat kepada-Nya. Allah Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal, mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah dari padanya.” (QS. Al Kahfi: 107-108) Allah Ta’ala berfirman, “Al Qur’an sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan siksaan yang sangat pedih dari sisi Allah dan memberi berita gembira kepada orang-orang yang beriman, yang mengerjakan amal saleh, bahwa mereka akan mendapat pembalasan yang baik.” (QS. Al Kahfi: 2)

Seandainya Allah Ta’ala memang benar-benar tidak suka kepada hamba-Nya yang beramal karena berharap surga dan takut neraka, lantas kenapa Allah Ta’ala menjanjikan balasan-balasan kenikmatan bagi hamba-Nya yang taat dan mengancam dengan siksaan bagi hamba-Nya yang maksiat? Kenapa pula Allah Ta’ala memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk berlomba-lomba meraih berbagai kenikmatan akhirat, “Dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba. ” (QS. Al Muthaffifin: 26)

Mari kita renungkan! Tak lupa kami sarankan untuk buka-buka kitab-kitab tafsir khususnya tentang ayat-ayat ini untuk mengetahui bagiamana para mufassir telah menyimpulkan bahwa ibadah tidak sempurna tanpa raja’ (berharap) dan khauf (takut) kepada Allah Ta’ala. [/BYW]

(1) Pimred majalah TAUHIDULLAH; (2) Pimred majalah dan buletin AS-SHOLIHIN, (3) redaktur pelaksana majalah AL-AKHBAR, (4) editor dan layouter majalah AL IHSAN, (5) reporter majalah MEDIAN LPMP Jawa Timur, (6) kontributor lepas majalah AR-RISALAH, (7) kontributor tetap majalah LENTERA QOLBU, (8) kontributor lepas di majalah ELFATA, (9) editor in chief majalah digital QUANTUM FIQIH, (10) konseptor dan mantan redaktur pelaksana majalah FITHRAH, (11) mantan layouter sekaligus pimred buletin Jum’at THAYBAH, (12) redaktur penerbit PT. EFMS, (13) admin salah satu situs berita Islam Nasional dengan 20.000 visit/hari), (14) online marketing UD. SBY CORPORATION, (15) pengasuh situs THAYBAH.ID, (16) promotor penerbitan majalah donatur, (17) redaktur pelaksana majalah SUARA MASKUMAMBANG, (18) redaktur pelaksana majalah SEJAHTERA dan buletin jumat YATIM SEJAHTERA, dan (19) mengasuh 2 website dan belasan blog keislaman yang ‘hidup segan mati tak mau’ sebagai salah satu cara merehatkan diri, serta (20) penulis buku GOLDEN MANNERS, KUTUNGGU DI TELAGA AL-KAUTSAR, MENDEKAT KEPADA ALLAH, QUANTUM IMAN, yang bisa Anda dapatkan di Gramedia atau toko buku lainnya.

Rekomendasi Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*