kokoh2

Agama Ini Sangat Kokoh

Brilly El-Rasheed Aqidah 0 Comments

Anas bin Malik, Rasulullah mengingatkan,

إِنَّ هَذَا الدِّيْنُ مَتِيْنٌ فَأُوْغِلُوْا فِيْهِ بِرِفْقٍ

“Sesungguhnya agama ini sangat kokoh, maka berjalanlah di dalamnya dengan kelembutan.” [Al-Jami’ Ash-Shaghir]

‘Abdur Rauf Al-Munawi menungkapkan, seharusnya mengamalkan Islam itu tanpa memberat-beratkan diri, membebani diri mengamalkan apa yang tidak dimampui yang itu bisa menjadikan/menimbulkan lemah dan akhirnya meninggalkan amal sama sekali.

Al-Munawi kemudian mengutip penjelasan Al-Ghazali, bahwa hadits ini maknanya adalah jangan membebani diri dengan amal-amal agama Islam apa yang menyelisihi kebiasaan, akan tetapi hendaknya secara lembut dan bertahap. Jika tidak maka bisa jadi amal-amal yang disukainya akan menjadi amal-amal yang dibencinya.

(1) Pimred majalah TAUHIDULLAH; (2) Pimred majalah dan buletin AS-SHOLIHIN, (3) redaktur pelaksana majalah AL-AKHBAR, (4) editor dan layouter majalah AL IHSAN, (5) reporter majalah MEDIAN LPMP Jawa Timur, (6) kontributor lepas majalah AR-RISALAH, (7) kontributor tetap majalah LENTERA QOLBU, (8) kontributor lepas di majalah ELFATA, (9) editor in chief majalah digital QUANTUM FIQIH, (10) konseptor dan mantan redaktur pelaksana majalah FITHRAH, (11) mantan layouter sekaligus pimred buletin Jum’at THAYBAH, (12) redaktur penerbit PT. EFMS, (13) admin salah satu situs berita Islam Nasional dengan 20.000 visit/hari), (14) online marketing UD. SBY CORPORATION, (15) pengasuh situs THAYBAH.ID, (16) promotor penerbitan majalah donatur, (17) redaktur pelaksana majalah SUARA MASKUMAMBANG, (18) redaktur pelaksana majalah SEJAHTERA dan buletin jumat YATIM SEJAHTERA, dan (19) mengasuh 2 website dan belasan blog keislaman yang ‘hidup segan mati tak mau’ sebagai salah satu cara merehatkan diri, serta (20) penulis buku GOLDEN MANNERS, KUTUNGGU DI TELAGA AL-KAUTSAR, MENDEKAT KEPADA ALLAH, QUANTUM IMAN, yang bisa Anda dapatkan di Gramedia atau toko buku lainnya.

Rekomendasi Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*