best

Bukan Sebaik-baik Manusia

Brilly El-Rasheed Akhlak Muamalah 0 Comments

Dari Jabir, Rasulullah bersabda,

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” [Hasan: Shahih Al-Jami’ no. 3289]

Jangan lupa bahwa amal manusia itu baru diterima oleh Allah dan dinilai oleh Allah sebagai ibadah ketika memenuhi syarat 3I: Islam, Ikhlash, Ittiba’. Perbuatan memberikan manfaat kepada sesama manusia yang dilakukan tanpa memenuhi tiga syarat ini tentu saja tidak bernilai dimata Allah. Misalnya ada orang nonmuslim atau musyrikun yang gemar berderma untuk sosial. Kedermawanannya tersebut tidak berbuah apa-apa di akhirat kelak dan dia tidak termasuk dalam hadits ini. Ajaibnya, sebagian kalangan pegiat shadaqah memuji konglomerat-konglomerat kafir/nonmuslim yang suka berderma untuk sesame umat manusia. Padahal kita tidak layak memuji mereka, apalagi amal-amal mereka, selagi kafir dan tidak masuk Islam, sama sekali tidak diterima Allah.

Misalnya kita tak pernah ketinggalan beramar ma’ruf nahi munkar yang mana amar ma’ruf nahi munkar itu bermanfaat bagi manusia dalam hal menjaga keselamatan dunia akhirat mereka, akan tetapi tujuannya adalah untuk mendapatkan popularitas, maka kita tidak termasuk hadits ini. Misalnya ada seorang muslim yang ikhlash menginvestasikan harta zakat mal dari seseorang kaya dan dipinjamkan kepada orang miskin sebagai modal usaha, maka orang ini tidak termasuk hadits ini karena tidak ittiba’ yakni melanggar ketetapan Rasulullah tentang pengelolaan harta. [/R]

(1) Pimred majalah TAUHIDULLAH; (2) Pimred majalah dan buletin AS-SHOLIHIN, (3) redaktur pelaksana majalah AL-AKHBAR, (4) editor dan layouter majalah AL IHSAN, (5) reporter majalah MEDIAN LPMP Jawa Timur, (6) kontributor lepas majalah AR-RISALAH, (7) kontributor tetap majalah LENTERA QOLBU, (8) kontributor lepas di majalah ELFATA, (9) editor in chief majalah digital QUANTUM FIQIH, (10) konseptor dan mantan redaktur pelaksana majalah FITHRAH, (11) mantan layouter sekaligus pimred buletin Jum’at THAYBAH, (12) redaktur penerbit PT. EFMS, (13) admin salah satu situs berita Islam Nasional dengan 20.000 visit/hari), (14) online marketing UD. SBY CORPORATION, (15) pengasuh situs THAYBAH.ID, (16) promotor penerbitan majalah donatur, (17) redaktur pelaksana majalah SUARA MASKUMAMBANG, (18) redaktur pelaksana majalah SEJAHTERA dan buletin jumat YATIM SEJAHTERA, dan (19) mengasuh 2 website dan belasan blog keislaman yang ‘hidup segan mati tak mau’ sebagai salah satu cara merehatkan diri, serta (20) penulis buku GOLDEN MANNERS, KUTUNGGU DI TELAGA AL-KAUTSAR, MENDEKAT KEPADA ALLAH, QUANTUM IMAN, yang bisa Anda dapatkan di Gramedia atau toko buku lainnya.

Rekomendasi Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*