buku gambar

Buku Bergambar Nabi, Astaghfirullah!

Brilly El-Rasheed Tsaqafah 0 Comments

SOLO (www.thaybah.or.id) – Astaghfirullah, buku cerita bergambar kartun Nabi Muhammad tersimpan di perpustakaan sebuah madrasah ibtidaiyah (MI) di Solo, Jawa Tengah. Buku berjudul Kisah Menarik Masa Kecil Para Nabi pertama kali terungkap setelah M. Budi melaporkannya, di Balai Kota Solo, kemarin (22/5/2012).

Budi sendiri mengaku tidak begitu percaya ketika putranya mengaku punya buku bergambar Nabi Muhammad.

Setelah memeriksa dengan teliti buku tersebut, Budi terperanjat ternyata benar ada ilustrasi sosok Nabi Muhammad. “Sekitar empat gambar,” kata Budi kepada walah satu TV swasta. Terlihat pribadi Nabi Muhammad diilustrasikan cukup jelas, kendati wajahnya disamarkan dengan cahaya dan disisipkan lafazh Muhammad versi Arab, ada di halaman 43, 44, 46, dan 48. Bahkan, di halaman 44, sosok Nabi Muhammad yang sedang menggembalakan domba terlihat sangat jelas, termasuk wajah dan rambutnya.

“Ini kan sesuatu yang tidak benar,” jelas Budi sembari menunjukkan buku itu, dilansir Media Indonesia.

Dari catatan yang terdapat pada sampul belakang, buku tersebut diterbitkan Nobel Edumedia yang beralamat di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur.

Yang lebih mengejutkan lagi, stempel yang tertera pada sampul dalam, buku tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Agama RI, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tahun 2011.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solo Ahmad Nasirin, ketika, juga mengaku kaget. Meski demikian, menurut Nasirin, isi buku tersebut bagus, hanya yang jadi masalah adalah ilustrasi gambarnya. “Kalau isinya sih tidak ada masalah, tapi ilustrasinya itu yang saya tidak sepakat. Kami akan menelusuri keberadaan buku ini lebih jauh, termasuk dari mana buku ini berasal,” tandasnya.

Sebab, lanjut Nasirin, Kantor Kementerian Agama Solo sama sekali tidak pernah memberikan bantuan buku itu ke sekolah-sekolah. Dugaan sementara bantuan tersebut didrop langsung dari pusat.

Hal ini menjadi pelajaran bagi pemerintah, praktisi pendidikan, pengelola lembaga pendidikan, para orangtua agar lebih teliti lagi terkait buku-buku yang dibaca oleh anak-anak. [/Rasheed]

(1) Pimred majalah TAUHIDULLAH; (2) Pimred majalah dan buletin AS-SHOLIHIN, (3) redaktur pelaksana majalah AL-AKHBAR, (4) editor dan layouter majalah AL IHSAN, (5) reporter majalah MEDIAN LPMP Jawa Timur, (6) kontributor lepas majalah AR-RISALAH, (7) kontributor tetap majalah LENTERA QOLBU, (8) kontributor lepas di majalah ELFATA, (9) editor in chief majalah digital QUANTUM FIQIH, (10) konseptor dan mantan redaktur pelaksana majalah FITHRAH, (11) mantan layouter sekaligus pimred buletin Jum’at THAYBAH, (12) redaktur penerbit PT. EFMS, (13) admin salah satu situs berita Islam Nasional dengan 20.000 visit/hari), (14) online marketing UD. SBY CORPORATION, (15) pengasuh situs THAYBAH.ID, (16) promotor penerbitan majalah donatur, (17) redaktur pelaksana majalah SUARA MASKUMAMBANG, (18) redaktur pelaksana majalah SEJAHTERA dan buletin jumat YATIM SEJAHTERA, dan (19) mengasuh 2 website dan belasan blog keislaman yang ‘hidup segan mati tak mau’ sebagai salah satu cara merehatkan diri, serta (20) penulis buku GOLDEN MANNERS, KUTUNGGU DI TELAGA AL-KAUTSAR, MENDEKAT KEPADA ALLAH, QUANTUM IMAN, yang bisa Anda dapatkan di Gramedia atau toko buku lainnya.

Rekomendasi Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*